Berita DaerahButon UtaraSultra

Hiu Paus Terdampar di Pantai Waode Buri, Buton Utara

Buton Utara, Lenteng Timur РKejadian  menghebohkan terjadi di kawasan Pantai Waode Buri, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), dengan ditemukannya seekor hiu paus yang terdampar dalam keadaan mati.

Video Hiu Paus Terdampar Viral Di Media Sosial

Video penemuan hiu paus pertama kali diunggah oleh akun Facebook Neng Shonata dengan judul Hiu Paus Terdampar di Pantai Waode Buri, Buton Utara”pada Minggu (28/1/2024). Video tersebut menjadi viral dan telah ditonton oleh 13.273 orang dengan 129 komentar.

Dalam unggahannya, Neng Shonata menyebutkan bahwa penemuan hiu paus tersebut diduga terjadi di Desa Waode Buri. “Penemuan ikan di laut desa Waode Buri,” tulis keterangannya.

Seorang pria di dalam video memberikan informasi bahwa hiu paus tersebut telah ditemukan dalam keadaan terdampar. “Salah satu paus terdampar di laut Waode Buri. Keadaan sekarang sudah membusuk. Kejadiannya kemarin,” ungkap pria di dalam video.

Bangkai Hius Paus Sudah Membusuk

Dari video tersebut, terlihat kondisi hiu paus yang sangat mengenaskan. Beberapa bagian tubuhnya sudah mulai membusuk, bahkan kulitnya terkelupas. Hiu paus itu terdampar di pinggir pantai.

Kepala Seksi Wilayah II Balai KSDA Sultra, Laode Kaida, mengonfirmasi bahwa hewan tersebut adalah jenis hiu paus. Paus ini ditemukan di wilayah perairan Buton Utara. “Ya (paus) ditemukan di Kulisusu Utara, Butur,” ungkap Kaida saat dikonfirmasi Kendariinfo pada Senin (29/1/2024).

Belum diketahui dengan pasti kapan hiu paus tersebut terdampar di wilayah tersebut. Kaida juga belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait penemuan hiu paus di perairan Kulisusu Utara.

Sebagai Informasi tambahan, Hiu Paus atau yang juga dikenal denganNama  Whale Shark memiliki nama latin Rhincodon Typus merupakan spesies ikan hiu dengan ukuran terbesar di dunia. di sebut hiu paus karena ikan yang satu ini memiliki fisik yang terlihat seperti paus pada umumnya

Hius paus merupakan spesies yang dikenal jinak kepada manusia dan hewan laut lainnya.

Spesies Ikan Hiu ini sering ditemukan di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia, terutama dekat pantai. Mereka juga sering muncul di sekitar pulau-pulau yang memiliki jumlah plankton dan ikan kecil yang melimpah.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button