Berita DaerahKolaka TimurSultra

Puting Beliung menerjang desa di Tongauna,Pemda koltim respon cepat

Koltim-Angin puting beliung melanda 32 rumah di Desa Tongauna, Kecamatan Ueesi, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi tenggara  (sultra)pada Rabu (13/12/2023), dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur (Pemda Koltim) cepat merespons.

Pada keesokan harinya, Bupati Koltim, Abdul Azis, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Koltim, segera memohon bantuan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) RI, dan permohonan itu dijawab cepat oleh pemerintah pusat. Minggu (17/12/2023), Kemensos RI langsung menyalurkan bantuan ke lokasi, diterima oleh Bupati Koltim dan Kepala Desa Tongauna di Desa Ueesi.

Bantuan mencakup:

  • 30 kasur 3 cm,
  • 30 kid ware C2022,
  • 30 matras 2021,
  • 30 selimut B2022, dan
  • 30 tenda gulung 2022.

Tanggap Bencana, Pemda Koltim respon Cepat

Dalam keterangan resminya, Abdul Aziz menyampaikan bahwa tim medis dikerahkan untuk pertolongan pasca bencana, bekerja sama dengan lembaga kemanusiaan dan relawan setempat.

“Saya bersama Sekda dan pimpinan OPD Koltim baru saja ke Tongauna. Warga terdampak puting beliung, hampir 32 rumah. Kami menurunkan tim medis dan psikolog untuk memastikan masyarakat kita yang trauma,” ungkap Bupati Abdul Aziz.

Berdasarkan kunjungan tersebut, Aziz mengakui beberapa rumah rusak total. Oleh karena itu, selaku Bupati, ia memerintahkan Dinas Perumahan Koltim memulai pembangunan kembali rumah-rumah dari papan, termasuk menyediakan pasokan makanan.

“Masyarakat terkena bencana tidak perlu khawatir, pemerintah daerah akan memastikan semua kebutuhan mereka,” tambahnya.

Bupati juga mengingatkan korban dan masyarakat untuk tetap waspada, mengikuti petunjuk petugas penanganan darurat. Evaluasi kerusakan dilakukan untuk merencanakan langkah pemulihan jangka panjang.

Salah seorang korban, Indra, menyampaikan bahwa sejak kejadian, mereka bersama korban lain menerima bantuan darurat sembako dari Pemda Koltim.

“Iya, bantuan sembako seperti beras, Indomie, air minum, dan telur sudah ada sejak beberapa hari ini. Kami menunggu rumah kami dibangun kembali oleh Pemda Koltim,” ucapnya.

Kesimpulan Berita :

Bencana alam angin puting beliung di Desa Tongauna membawa dampak signifikan bagi warga setempat. Respons cepat dan langkah-langkah konkret dari Pemda Koltim, didukung oleh bantuan dari pemerintah pusat, memberikan harapan dan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat terdampak. Kesehatan fisik dan mental masyarakat menjadi perhatian utama, sementara proses pemulihan jangka panjang akan terus diupayakan oleh pemerintah daerah.

Sumber : greenmedia.co.id

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button