Berita NasionalMetro

Luhut Binsar Pandjaitan: Rencana Jokowi Untuk Presiden terpilih 2024

Jakarta – Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, telah mengungkapkan rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengenalan penerusnya kepada kepala negara sahabat, seperti Pemimpin de facto Arab Saudi, Putra Mahkota Mohamed bin Salman (MbS). Hal ini diungkapkan oleh Luhut dalam wawancara dengan CNN News.

Rencana Pengenalan Penerus oleh Jokowi

Dalam pernyataannya, Luhut membagikan arahan langsung dari Jokowi, “Pak Luhut, jika ada presiden terpilih, saya akan mengenalkan presiden terpilih kepada teman-teman saya, kepala-kepala negara seperti MbS, dan sebagainya.” Tujuannya adalah untuk memastikan transisi pemerintahan yang lancar dan efektif.

Kedekatan Personal dalam Diplomasi

Luhut menekankan bahwa hubungan formal dengan banyak kepala negara selama kepemimpinan Jokowi tidak hanya terjalin dengan baik, tetapi juga memiliki kedekatan personal. Baginya, kedekatan ini menjadi aspek penting dalam mencapai tujuan besar Indonesia menuju Indonesia maju 2045.

Pentingnya Hubungan Personal dalam Diplomasi

Dalam konteks waktu yang terbatas, Luhut menyoroti pentingnya menjalin hubungan personal dengan pemimpin negara, tidak hanya dalam konteks formal. Pembangunan hubungan bilateral, menurutnya, tidak akan selesai hanya dengan hubungan formal, melainkan juga melibatkan aspek personal.

Luhut Binsar Pandjaitan: Pesan untuk Calon Presiden

Luhut juga memberikan pesan kepada calon Presiden RI yang akan datang, yaitu agar tetap menjaga persatuan dan kekompakan. Mengingat situasi geopolitik dan ekonomi dunia yang semakin sulit diprediksi, Luhut menekankan perlunya keterlibatan anak-anak muda dalam mengatasi masalah kompleks tersebut.

Apresiasi terhadap Keterampilan Jokowi

Menanggapi situasi ekonomi sulit, Luhut menutup pernyataannya dengan menyampaikan apresiasi terhadap kemampuan Jokowi dalam menavigasi kondisi tersebut. Dia berharap saran-saran dari berbagai pihak dapat terus didengar dan dieksekusi oleh pemerintah yang akan datang.

Klarifikasi Kondisi Kesehatan Luhut Binsar Pandjaitan

Luhut, yang baru-baru ini kembali ke aktivitasnya sebagai Menko Marves setelah menjalani perawatan di Singapura selama hampir dua bulan, memberikan klarifikasi mengenai kondisi kesehatannya kepada media pada Jumat pagi.

Kesimpulan

Jokowi melalui Luhut Binsar Pandjaitan berencana mengenalkan Presiden terpilih kepada kepala negara sahabat, menekankan pentingnya hubungan personal dalam diplomasi. Luhut juga menyoroti peran anak-anak muda dalam mengatasi tantangan masa depan, sambil mengapresiasi kemampuan Jokowi dalam mengelola kondisi ekonomi sulit.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button