Edukasi

Hari Ibu Atau Mother’s Day , Sejarah Dan Do’a Untuk Ibu

Hari Ibu Atau mothers Day adalah hari yang dirayakan untuk menghormati dan menghargai peran ibu dalam kehidupan kita. Di berbagai negara, Mother’s Day dirayakan pada tanggal yang berbeda. Namun, banyak negara merayakan Hari Ibu pada hari Minggu kedua bulan Mei.

Hari Ibu biasanya menjadi kesempatan bagi anak-anak untuk mengungkapkan cinta, penghargaan, dan terima kasih kepada ibu mereka. Berbagai cara dapat dilakukan untuk merayakan Hari Ibu, mulai dari memberikan hadiah, membuat kartu ucapan, hingga menghabiskan waktu bersama dengan ibu.

Namun Perlu untuk diingat bahwa penghargaan terhadap ibu seharusnya tidak hanya terjadi pada Hari tertentu atu Hari Ibu Saja, Akan tetapi Wajib Di setiap Saat, setiap hari Bahkan Sepanjang masa. Hari Ibu seharusnya menjadi pengingat untuk selalu menghormati dan menghargai peran istimewa yang dimainkan oleh ibu dalam kehidupan kita.

Sejarah Hari Ibu dan Anna Jarvis

Anna Jarvis and Mothers Day

Hari Ibu mulai dirayakan sebagai respons terhadap perjuangan kelompok aktivis di berbagai negara yang berusaha memperjuangkan hak-hak perempuan dan mempromosikan perdamaian setelah Perang Dunia I. Salah satu tokoh yang diakui sebagai pencetus ide Hari Ibu adalah Anna Jarvis di Amerika Serikat.

Anna Jarvis memulai kampanyenya pada awal abad ke-20 untuk memperingati Hari Ibu sebagai cara untuk menghormati pengorbanan yang telah dilakukan ibu-ibu untuk keluarga dan masyarakat. Hari Ibu pertama kali dirayakan di Grafton, West Virginia, pada tanggal 12 Mei 1907. Setelah itu, gerakan untuk mengakui Hari Ibu semakin berkembang di berbagai negara.

  1. Sekilas Tentang Anna Jarvis Sang Pencetus Mother’s Day

    • Anna Jarvis adalah seorang aktivis sosial Amerika Serikat yang terkenal karena peranannya dalam memperkenalkan Mother’s Day sebagai hari libur resmi. Berikut beberapa informasi lebih rinci tentang Anna Jarvis:
  2. Latar Belakang dan Keluarga:

    • Anna Jarvis lahir pada 1 Mei 1864, di Webster, West Virginia, Amerika Serikat.
    • Ibunya, Ann Reeves Jarvis, merupakan sosial aktivis dan pekerja sosial yang sangat berpengaruh. Ann Reeves Jarvis diakui karena upayanya dalam membentuk Mother’s Day Work Clubs yang memberikan saran kesehatan dan pendidikan kepada ibu-ibu di komunitas.
  3. Inspirasi Dari Ibu:

    • Setelah kematian ibunya pada tahun 1905, Anna Jarvis mengambil inisiatif untuk memperingati hari ibunya dan semua ibu dengan suatu perayaan khusus.
    • Jarvis mengadakan kampanye untuk mengakui Hari Ibu sebagai hari libur nasional sebagai bentuk penghormatan terhadap peran ibu dan perempuan dalam masyarakat.
  4. Perjuangan dan Keberhasilan:

    • Anna Jarvis memulai kampanyenya untuk Mother’s Day pada awal abad ke-20. Dia menulis surat kepada para pejabat pemerintah, tokoh politik, dan tokoh masyarakat terkemuka untuk mendukung pengakuan resmi terhadap Hari Ibu.
    • Pada tahun 1914, Presiden Woodrow Wilson resmi mengakui Mother’s Daysebagai hari libur nasional di Amerika Serikat.
  5. Pendapat tentang Perkembangan Komersial:

    • Meskipun Jarvis berhasil mencapai pengakuan resmi Mother’s Day, dia menjadi kecewa dengan perkembangan komersial yang melekat padanya. Dia berusaha menjaga esensi kesederhanaan dan tujuan asli perayaan tersebut dan bahkan menarik dukungannya terhadap perayaan ini karena dianggap terlalu komersial.
  6. Akhir Hidup:

    • Anna Jarvis meninggal pada 24 November 1948, di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat. Meskipun dia meninggalkan warisan besar dalam membawa perhatian kepada peran ibu, dia juga merasa perayaan Mother’s Day seharusnya lebih bersifat pribadi dan bersifat menghormati, bukan komersial.
    • Anna Jarvis tetap dikenang sebagai tokoh yang memberikan kontribusi besar terhadap pengakuan dan penghormatan terhadap peran ibu melalui perayaan Mother’s Day.

Presiden Woodrow Wilson kemudian secara resmi mengakui Mother’s Day sebagai hari libur nasional di Amerika Serikat pada tahun 1914. Seiring waktu, tradisi Hari Ibu menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia, meskipun tanggal perayaan dapat bervariasi di setiap negara.

Sebagai catatan, meskipun Mother’s Day dimulai sebagai gerakan untuk menghormati peran ibu dan perempuan dalam masyarakat, Anna Jarvis sendiri akhirnya menarik dukungannya terhadap perayaan ini karena ia merasa perayaan tersebut menjadi terlalu komersial. Meskipun demikian, tradisi Hari Ibu terus berlanjut dan dihormati di banyak negara di seluruh dunia.

Beberapa negara yang menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional

 

  1. Amerika Serikat: Presiden Woodrow Wilson secara resmi mengakui Mother’s Day sebagai hari libur nasional pada tahun 1914.
  2. Kanada: Mother’s Day di Kanada juga diakui sebagai hari libur nasional dan dirayakan pada hari kedua di bulan Mei.
  3. Australia: Mother’s Day dirayakan di Australia pada hari kedua di bulan Mei dan juga diakui sebagai hari libur nasional.
  4. Inggris: Mother’s Day di Inggris tidak diakui sebagai hari libur nasional, tetapi dirayakan pada Minggu keempat di bulan Maret.
  5. Indonesia: Di Indonesia, Mother’s Day dirayakan pada tanggal 22 Desember dan diakui sebagai hari libur nasional sejak tahun 1959.
  6. Thailand: Mother’s Day di Thailand dirayakan pada tanggal 12 Agustus dan diakui sebagai hari libur nasional.
  7. Afrika Selatan: Hari Ibu di Afrika Selatan dirayakan pada hari Minggu pertama di bulan Mei dan diakui sebagai hari libur nasional.

Perlu diingat bahwa tanggal perayaan dan status hari libur nasional dapat berubah seiring waktu dan berbeda di setiap negara. Beberapa negara mungkin merayakan Hari Ibu tanpa menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Hari Ibu Bagusnya Berbuat Apa?

Merayakan hari Ibu

Beberapa ide atau Hal Umum yang sering dilakukan seseorang sebagai bentuk penghormatan dan kasih sayangnya kepada ibunya di Hari Ibu:

  1. Surat Cinta atau Kartu Ucapan:

    • Tulis surat cinta pribadi atau buat kartu ucapan khusus untuk ibu Anda. Sampaikan perasaan kasih sayang dan terima kasih Anda secara tertulis.
  2. Hadiah Pribadi:

    • Pilih atau buat hadiah yang memiliki makna khusus bagi ibu Anda. Ini bisa berupa barang yang diinginkan ibu atau sesuatu yang memiliki nilai sentimental.
  3. Waktu Bersama:

    • Habiskan waktu kualitas bersama ibu Anda. Mungkin Anda bisa merencanakan acara bersama seperti makan malam, piknik, atau kunjungan ke tempat yang disukainya.
  4. Membantu dengan Pekerjaan Rumah:

  5. Ambil inisiatif untuk membantu dengan pekerjaan rumah tangga. Ini bisa menjadi cara nyata untuk mengurangkan beban ibu Anda dan menunjukkan bahwa Anda menghargai usahanya.
  6. Masak Makanan Spesial:

    • Jika Anda pandai memasak, pertimbangkan untuk memasak makanan spesial untuk ibu Anda. Ini bisa menjadi cara menyenangkan untuk memberikan kejutan.
  7. Berkunjung atau Telepon:

    • Jika Anda tidak berada di dekat ibu Anda, pertimbangkan untuk berkunjung atau meneleponnya. Menunjukkan bahwa Anda masih terhubung dan peduli bisa menjadi hadiah yang berarti.
  8. Berbagi Kenangan:

    • Minta ibu Anda untuk berbicara tentang kenangan bersama atau foto-foto keluarga. Ini bisa menjadi momen yang penuh emosi dan menyenangkan.
  9. Aktivitas Bersama:

    • Ajak ibu Anda melakukan aktivitas yang dia nikmati, seperti berjalan-jalan, berkebun, atau menonton film bersama.
  10. Pijatan atau Hari Spa Rumah:

    • Berikan pengalaman relaksasi dengan memberikan pijatan atau mengatur hari spa kecil di rumah.
  11. Menyusun Album Kenangan:

    • Buat album foto atau scrapbook yang berisi kenangan-kenangan spesial bersama ibu Anda.

Ingatlah bahwa tindakan kecil dari hati dapat memiliki dampak besar. Yang terpenting adalah menunjukkan rasa terima kasih dan kasih sayang Anda kepada ibu Anda dengan cara yang sesuai dengan hubungan unik yang Anda miliki bersamanya.

Bagi Teman teman yang kebetulan menemukan Artikel Ini dan mungkin Butuh Ide Dan Contoh Surat Untuk Ibu, atau kata kata yang tepat untuk di sampaikan baik secara lisan ataupun Tulisan untuk Ibunya di hari Ibu, Berikut ini  barangkali bisa menjadi referensi

Surat Rindu dari Seorang Anak Perantauan  Untuk Ibunya dikampung halaman

Ucapan Untuk ibu di hari ibu

Surat Rindu Untuk Ibu

Teruntuk Ibu yang tercinta,

Sejauh apapun langkah kaki membawaku, hati Anakmu selalu dekat denganmu. Meski ratusan kilometer yang memisahkan kita, cinta dan kasih sayangmu senantiasa melintasi ruang dan waktu, menghiasi setiap langkahku di tanah perantauan.

Di setiap matahari terbit dan terbenam, Ananda Senantiasa merindukan senyum hangat ibu yang selalu menyinari hari-hari ananda. Detik-detik kebersamaan adalah harta yang tak akan bisa ternilai, dan kenangan itu akan selalu menjadi cahaya rindu ananda di malam yang sunyi.

Meski jarak memisahkan kita, hati ananda  selalu bersamamu ibu. Ananda merasa ibu yang ada di sana, Senantiasa mendukung dan mendoakan ananda di setiap saat. Semoga kata-kata ini dapat menjadi pelukan virtual yang meredakan kerinduan ananda  pada ibu.

Ibu, engkau adalah pahlawan sejati dalam hidupku. Terima kasih atas cahaya, dukungan, dan kasih sayang yang tak pernah pudar. Meskipun jarak sungguh jauh memisahkan, cinta dan bakti ananda pada ibu tetap mendalam dan tak akan pernah dapat terukur.

Dari rindu ananda yang tercipta di tanah perantauan ..

Kumpulan Ucapan Sedih Para Perantau Untuk Ibu

Bu, dalam hatiku, setiap hari adalah Hari Ibu. Terima kasih atas ketulusan cinta, Kasih sayang dan pengorbananmu yang tak pernah lelah. Selamat Hari Ibu.

Tiada kata yang sepenuhnya dapat mengungkapkan betapa berharganya kehadiranmu, Ibu. Sungguh Setiap detik bersamamu adalah kado terindah dalam hidupku. Selamat Hari Ibu, Sang pelipur lara dalam setiap langkah hidupku.

Dalam setiap langkahku yang jauh dari dekatmu, aku merasa seakan memendam seribu rindu. Hari Ibu tanpamu di sisi, membuat hati ini terasa sepi dan hampa. Aku mencoba tersenyum, tapi dalam senyum itu terselip rindu yang tak terkatakan.

Setiap detik bergulir bagai air mata yang menetes perlahan. Aku ingin sekali memeluk lalu bersimpuh dikakimu, merasakan hangat tanganmu, dan mendengar bisikan doa-doa dari bibirmu. Terkadang, jarak terasa begitu besar dan kesepian datang seperti badai tak terduga.. Cukuplah Doaku untukmu Sebagai Penghantar Rinduku..semoga ibu senantiasa di beriberi kesehatan dan umur panjang… Amin..

Meski  jauh Di Negeri Orang, Sujud Baktiku tetap terikat padamu, Ibu. Selamat Hari Ibu,.

 

Hari Ibu.. tanpa Ibu ada di sisi adalah sebuah luka yang tak terobati. Meski matahari bersinar, hati ini telah terhempas dalam kegelapan yang tercipta oleh jarak dan waktu. Aku anak lelakimu mencoba menyembunyikan tangis di balik senyuman, dengan hatinya yang pecah menjadi serpihan kecil ditengah mereka yang berbahagia besama ibunya…

Rinduku padamu bukan hanya mengeringkan lautan, Akan tetapi sungguh mampu menutup jarak samudera yang tak berujung.. yaa.. saat  air mata ini merindukan sekaan dan sapuan hangat tanganmu ibu..

Selamat Hari Ibu, walau di balik kata tersimpan tangis dihati yang ingin merangkulmu. Di hari ini, kesendirian dan kerinduan melukiskan lukisan pilu yang tak akan pernah bisa kulupakan.

Semoga Berkah dan rahmat Allah Senantiasa untukmu Ibu, meski kata-kata ini hanyalah sejumput getir dalam kehampaan yang menyelimuti.

Aku ingin kembali pada pelukanmu, di mana tak ada jarak yang dapat memisahkan. Namun, kini, aku hanya dapat merenung di antara kenangan dan cita cita yang tak kunjung mapu kugapai… Selamat Hari ibu,.. maafkan Anakmu..

Hari Ibu datang lagi, tapi kesendirian di sini semakin menjadi. Suara tawamu terdengar begitu jauh, dan senyummu yang lembut menjadi bayangan yang selalu menghantuiku. Aku mencoba menahan air mata, tapi setiap detik berlalu seperti pahitnya sebuah kenangan yang terputus.

Pada Hari  ini, aku merindukan hangat pelukanmu. Rasa getir ini menusuk-nusuk hati, dan aku bertanya-tanya apakah kau merasakan sedikitpun dari kesedihanku. Semoga Berkah dan rahmat Allah Selalu untukmu ibu, meski kata-kata ini hanyalah sejumput getir dalam kehampaan yang menyelimuti.

Penutup, mari kita merenungkan kehadiran ibu yang tak tergantikan dalam hidup kita. Meskipun jarak memisahkan, cinta dan pengorbanan yang ia berikan tetap abadi. Semoga dalam kesedihan dan rindu ini, kita dapat menemukan kekuatan dan inspirasi dari kasih sayang seorang ibu. Selamat Hari Ibu untuk semua ibu di dunia, yang hadir tidak hanya di samping kita, tetapi juga di dalam hati kita

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button