Teknologi

Google Indonesia: Tantangan Dan Antisipasi Hoax Pemilu 2024

Lenteng TimurРPada acara Media Briefing dan Workshop #YukPahamiPemilu, Muriel Makarim, Country Marketing Manager Google Indonesia, memaparkan perubahan signifikan dalam perilaku pengguna internet Indonesia selama pemilu 2024. Fokus pada fact-checking dan Antisipasi Hoax  Pemilu 2024 meningkat drastis dibandingkan sepuluh tahun terakhir.

Masyarakat Semakin Peduli Terhadap Kredibilitas dan Keaslian Informasi

Muriel Makarim menyoroti, “Sejak bulan September, kami melihat peningkatan aktivitas masyarakat di Google Search, terutama dalam upaya mencari informasi terkini, melakukan pengecekan fakta terkait berita, dan meningkatkan kepedulian terhadap kredibilitas sumber berita.”

Langkah Proaktif Google dalam Melawan Penyebaran Berita Palsu

Sejak bulan yang sama, Google mengumumkan sejumlah fitur dan kampanye, berkolaborasi dengan lembaga seperti Bawaslu, KPU, Kominfo, Cek-fakta, Mafindo, dan mitra lainnya. Langkah-langkah ini diambil sebagai respons untuk melindungi masyarakat dari penyebaran berita palsu, khususnya terkait pemilu 2024.

Kesuksesan Kampanye “Recheck Sebelum Kegocek”

Antisipasi Hoax Selama Pemilu 2024 Google meluncurkan kampanye “Recheck Sebelum Kegocek,” yang melibatkan aktor Vincent Rompies, sebagai upaya untuk meningkatkan kritisitas masyarakat terhadap informasi yang diterima. Kampanye ini berhasil menjangkau 57 juta orang di Indonesia, terutama Gen Z dan milenial, membantu mereka lebih cerdas mengidentifikasi berita palsu dan manipulasi konten multimedia.

Komitmen Google untuk Melawan Misiinformasi dan Memastikan Akses Informasi yang Kredibel

Muriel Makarim menegaskan komitmen Google untuk terus berperan aktif dalam melawan misinformasi. Fokusnya adalah memastikan masyarakat Indonesia dapat mengakses informasi yang kredibel dan tepat waktu serta menciptakan lingkungan online yang produktif dan aman bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Respons Positif dari Masyarakat Menunjukkan Pentingnya Literasi Digital

Langkah-langkah Google mencerminkan respons positif dari masyarakat di era digital ini, di mana tingkat literasi yang tinggi menjadi kunci mengatasi tantangan informasi yang tidak akurat dan penyebaran berita palsu.

Masa di mana informasi dapat dengan mudah menjadi Komsumsi masyarakat , langkah-langkah untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran masyarakat terhadap informasi yang mereka terima menjadi sangat penting. Upaya Google Indonesia dalam melindungi akses informasi yang kredibel dan memastikan lingkungan online yang aman adalah langkah yang sesuai dengan tantangan yang dihadapi oleh masyarakat modern terkait dengan misinformasi.

Berita terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button